Jumat, 04 Januari 2008
posted by Muhammad Farid Al-azhar at 07.30

Detik demi detik, hari demi hari, bulan demi bulan dan tahun demi tahun telah berlalu dengan sangat cepat tanpa meniggalkan sedikitpun bekas dalam hati kita sekalian. Banyak sekali momemen-momen penting yang dapat kita rasakan dan tidak bisa ktalupakan dari tahun sebelumnya, entah itu yang berkesan senang atupun pahit. Dan pastinya dengan kejadian-kejadian yang telah berlalu pula kita bisa menginstropeksi diri kita, sejauh mana tingkat iman dan taqwa kita kepada Allah SWT. dan terus memacu dan memotivasi diri kita untuk terus dan terus meningkatkan amal ibadah kita, agar kita selalu dekat dengan-Nya.Manusia yang baik adalah manusia yang senantiasa hidupnya selalu ingin lebih baik dari hari sebelumnyasehingga manusia yang demikian inilah yang mampu terus berikhtiar dan berjuang untuk menggapai kebahagiannya sekarang, di dunia maupun di akhirat.....
 
Dalam Surat Al-Hasyr ayat 18 Allah SWT. berfirman :
"Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akherat), dan bertakwalah kepada Allah, Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan."(QS.Al-Hasyr : 18)
Jika kita mampu memahami ayat di atas, apakah selama ini yang kita lakukan sudah cukup menghantarkan kita menuju hari esok yang lebih baik??? Hanya diri kita sendirilah yang mampu menjawabnya. Oleh karena itu, kita selalu dituntut untuk selalu meningkatkan kualitas iman dan yaqwa kita kepada Allah SWT. Seandainya dari hari-hari yang telah lalu masih banyak dari kita yang tergoda oleh setan-setan dunia ini sehingga masih sering dari kita untuk melakukan perbuatan maksiat, marilah di tahun yang baru dan dengan semangat yang baru ini kita kurangi potensi kemaksiatan kita, kita coba kendalikan hawa nafsu kita, dan kta harus berusaha keras untuk memerangi setan-setan yang selalu mengusik jiwa kita dengan cahaya kebenaran. Dengan behitu insya Allah hidup kita akan menjadi lebih baik dan kebahagiaan akan selalu menyertai kita karena kita selalu dekat dengan Allah.

Namun berbeda apabila kita sampai tidak memperdulikan  hal semacam itu, yang ada dipikiran kita hanyalah bersenang-senang. Jika yang terjadi seperti itu, maka untuk ke depan tidak akan bertambah baik, malah justru akan bertambah rusak, seiring dengan berkembangnya budaya barat yang makin menyeleneh dan akan mengakibatkan diri kita semakin terjerumus dalam jurang kenistaan. Negeri kita sudah banyak ditimpa musibah akibat ulah kita sendiriyang semakin jauh dari Allah SWT. Jika kita hanya mementingkan kesenangan belaka maka percuma harapan-harapan kita di tahun yang baru ini akan sia-sia saja. Keinginan yang selama ini kita impi-impikan tetap hanya mimpi saja tidak akan jadi kenyataan, jika kita tidak mau merubah diri kita untuk jadi yang lebih baik.

Dalam Surat Al-Baqarah ayat 286 Allah SWT. menerangkan ayat-ayatnya bahwasannya :
"Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya."(QS.Surat Al-Baqarah:286) Semuanya tergantung dan kembali pada diri kita pribadi,bagaimana menjalani hidup 
yang sebentar ini, dalam lanjutan ayat tersebut Allah SWT.menjelaskan pula :
"Ia mendapat pahala (dari kebijakan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa dar kejahatan yang dikerjakannya."(QS.Surat Al-Baqarah:286)
Dari sini sudah jelas bahwa Allah memberikan batasan untuk kita sebagai manusia di muka bumi ini.

Jika kita tetap pada pendirian kita bahwasannya kita hidup untuk bersenang-senang,maka sudah jelas kitaakan sengsara,kita akan mendapatkan siksa 
dan kita akan termasuk dalam golongan yang rugi tetapi sebaliknya jika dalam hidup  kita biasakan untuk banyak berbuat baik, maka kita akan termasuk dalam golongan orang-orang yang beruntung.

Marilah di tahun yang baru ini, kita buka lembaran baru dan kita isi dengan 
kegiatan yang bermanfaat.Kita adalah generasi Islam haruslah tangguh 
dan bertanggung jawab sehingga kita mampu melawan lingkaran setan yang 
kian hari kian merajalela dan kitaakan songsong hari esok yang lebih cerah 
dengan semangat Islam dan dengan dayaintelektual yang tinggi kita rubah 
era global yang kian hari kian memanas dan kita kembalikan Islam pada masa kejayaan.
Semoga kita termasuk Hamba Allah yang selalu mendapat ridha dan rahmat dariNya dan semoga kita termasuk golongan orang-orang yang beruntung.